KELAS: XII
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menyadari
adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman
sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi
di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan
serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|
3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis penyebab
adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
3.2
Membedakan sifat koligatif larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit.
3.3
Mengevaluasi gejala atau proses yang
terjadi dalam contoh sel elektrokimia (sel volta dan sel elektrolisis) yang
digunakan dalam kehidupan.
3.4
Menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya korosi dan mengajukan ide/gagasan untuk mengatasinya.
3.5
Menerapkan hukum/aturan dalam
perhitungan terkait sel elektrokimia.
3.6
Menganalisis kelimpahan, kecenderungan
sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur
golongan utama (gas
mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan
transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
3.7
Menganalisis struktur, tata nama,
sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana,
alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat)
3.8
Menganalisis struktur, tata nama,
sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
3.9
Menganalisis struktur, tata nama,
sifat dan penggolongan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
3.10 Menganalisis
struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
|
|
4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menyajikan hasil analisis berdasarkan
data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan.
4.2 Mengolah dan menganalisis
data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dengan
sifat koligatif larutan non elektrolit yang konsentrasinya
sama.
4.3 Menciptakan ide/gagasan/
produk sel elektrokimia.
4.4 Mengajukan ide/gagasan untuk
mencegah dan mengatasi terjadinya korosi
4.5 Memecahkan masalah terkait
dengan perhitungan sel elektrokimia
4.6 Menalar dan menganalisis kelimpahan, kecenderungan
sifat fisik dan sifat kimia, manfaat,
dampak, proses pembuatan unsur-unsur
golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur
golongan transisi (periode 4) dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa
karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam
alkanoat, dan alkil alkanoat).
4.8 Menalar dan menganalisis struktur, tata nama,
sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
4.9 Menalar
dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul
(polimer, karbohidrat, dan protein)
4.10 Menalar dan menganalisis struktur, tata nama,
penggolongan, sifat, dan pengaruh lemak bagi tubuh manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar